PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KEPERCAYAAN PARA INVESTOR

PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KEPERCAYAAN PARA INVESTOR


DISUSUN OLEH:

NAMA: ISMI HERDYANTI

NPM: 29213986

KELAS: 1EB16

TOPIK : PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Zaman tentu semakin berkembang seiring dengan adanya globalisasi yang memberikan dampak perubahan terhadap berbagai bidang seperti perubahan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, atau perubahan dalam dunia usaha. Perubahan dalam kedua bidang tersebut sangatlah berkaitan. Karena setiap perubahan yang terjadi dalam dunia usaha, tentu dikarenakan perubahan yang juga terjadi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu bentuk perubahan tersebut yaitu terjadi pada modal yang dimiliki oleh perusahaan dimana sebelumnya perusahaan lebih mementingkan physical capital atau modal yang berwujud yang berasal dari harta kekayaan para pemilik perusahaannya. Namun kini semakin berkembangnya zaman, perusahaan pun lebih mementingkan intellectual capital atau modal intelektual yang berasal dari kemampuan-kemampuan para karyawannya. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa mengalokasikan secara tepat sumber daya-sumber daya manusia yang dimilikinya.

Meskipun modal perusahaan dalam bentuk kekayaan memang sangat diperlukan untuk membiayai aktivitas perusahaan, namun modal intelektual tentu juga sangat diperlukan dan sangat berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Karena asset ilmu pengetahuan kini dianggap lebih berkualitas untuk menjadikan perusahaan lebih unggul.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka masalah yang dapat dirumuskan yaitu sebagai berikut:

  1. Bagaimana intellectual capital berpengaruh terhadap kepercayaan investor?
  2. Apa saja komponen intellectual capital yang turut mempengaruhi kepercayaan investor kepada perusahaan?
  3. Bagaimana cara mengukur suatu intellectual capital dalam perusahaan?

Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka penulisan ini bertujuan untuk:

  1. Menjelaskan pengaruh dari adanya intellectual capital terhadap kepercayaan para investor kepada perusahaan.
  2. Menjelaskan apa yang menjadi komponen dari intellectual capital tersebut sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen.

LANDASAN TEORI

Intellectual Capital merupakan suatu asset perusahaan yang tidak berwujud yang berasal dari kemampuan yang ada pada diri para pekerja dalam suatu perusahaan yang mencakup proses, kapasitas inovasi, pola-pola, dan pengetahuan para pekerja tersebut yang tentu akan sangat berpengaruh bagi nilai perusahaan tersebut.

Intellectual capital ini dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan atau pengalaman yang digunakan untuk menciptakan suatu kekayaan. Atau dapat juga diartikan sebagai informasi atau pengetahuan yang diaplikasikan dalam pekerjaan yang mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Intellectual Capital ini dimiliki oleh semua sumber daya manusia yang ada diperusahaan tersebut baik karyawan, maupun direktur atau penjabat-penjabat tinggi perusahaan tersebut yang turut serta dalam kegiatan operasional perusahaan.

Intellectual Capital tersebut dapat memberikan keunggulan bagi perusahaan apabila dilakukan pengelolaan atau management terhadap sumber daya manusia perusahaan secara optimal. Elena (2004), dan Cut Zurnali (2008) menjelaskan bahwa intellectual capital management akan memberikan metodologi yang efisien untuk mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan menyebarkan pengetahuan. Sehingga pengetahuan yang dimiliki sumber daya manusia di perusahaan tersebut dapat berfungsi secara maksimal.

PEMBAHASAN

Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kepercayaan Investor

Pada dasarnya, intellectual capital yang berasal dari berbagai sumber daya manusia dalam suatu perusahaan sangat diperlukan. Karena suatu sumber daya dalam perusahaan tentu sangat berpengaruh terhadap nilai perusahaan tersebut dimata investor. Tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas dalam perusahaan tersebut, maka perusahaan tersebut juga tidak akan menjadi berkualitas meskipun perusahaan itu memiliki banyak physical modal.

Para investor, memang melihat apakah perusahaan memiliki kekayaan yang memungkinkan untuk melakukan proses operasionalnya. Namun, investor juga sangat memperhatikan intellectual dari sumber daya yang ada pada perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut dapat maju dengan intellectual yang mereka miliki atau tidak.

Perusahaan yang memiliki intellectual capital, maka perusahaan tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif melalui berbagai inovasi kreatif sehingga para investor dapat percaya bahwa perusahaan tersebut memiliki potensi dan peluang untuk lebih maju kedepannya.

Komponen dari Intellectual Capital Yang Mempengaruhi Kepercayaan Investor Kepada Perusahaan

Intellectual Capital suatu perusahaan berasal dari sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan tersebut. intellectual capital ini digunakan perusahaan untuk menarik para investor agar memberikan kepercayaannya terhadap perusahaan. Karena investor tidak dengan mudah memberikan kepercayaannya pada perusahaan yang bila dilihat tidak memiliki intellectual capital melainkan hanya memiliki physical capital.

Intellectual Capital ini sendiri memiliki beberapa komponen yang dapat mempengaruhi kepercayaan investor terhadap perusahaan, diantaranya:

  1. Human Capital (HC)

    Human Capital atau modal manusia, merupakan kemampuan dari para karyawan dalam memproduksi barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan serta kemampuan para karyawan untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Human capital ini tidak hanya bergantung pada kemampuan yang dimiliki tiap karyawan, melainkan juga kepada ilmu-ilmu pengetahuan yang dimiliki para karyawan tersebut baik mengenai produk maupun mengenai tata cara berhadapan dan menangani pelanggan serta kemampuan para karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Jadi, human capital ini bergantung pada kemampuan kinerja yang ada pada diri masing-masing tiap karyawannya.

  2. Structural Capital (SC)

    Struktural capital atau modal struktural yang dimiliki perusahaan ini mengenai pengetahuan perusahaan mengenai kondisi pasar, mengenai proses produksi perusahaan, hingga mengenai teknologi informasi. Modal structural ini memang tidak terlalu menjadi inti dari modal intelektual, karena yang sangat diperlukan dalam modal intelektual yaitu modal manusia. Namun, bukan berarti modal structural tidak diperlukan, karena tanpa perusahaan mengetahui kondisi pasar, maka proses penyaluran barang belum tentu berjalan lancar.

  3. Customer Capital (CC)

    Customer capital ini berhubungan dengan para pelanggan yang menerima jasa atau membeli produk perusahaan. Atau dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan atau keinginan para pelanggan sehingga akan memberikan hasil yang baik dengan para pelanggan.

Mengukur Intellectual Capital Dalam Suatu Perusahaan

Menurut Hartono (2001), Intellectual dapat diukur dengan menggunakan dua (2) pendekatan, yaitu:

  1. Pendekatan Finansial

    Dengan pendekatan finansial, maka intellectual capital dalam suatu perusahaan dianggap sebagai asset perusahaan. Pendekatan ini dengan menggunakan data-data histories dari perolehan suatu asset.

  2. Pendekatan Non-Finansial

    Pengukuran Intellectual Capital dengan pendekatan Non-Finansial ini yaitu dengan mengukur faktor-faktor langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan kinerja perusahaan. Seperti para pelanggan, ide-ide, pengembangan produk, dan sebagainya.

Sedangkan menurut Dave Ulrich (1998), Intellectual Capital merupakan asset yang tidak berwujud sehingga dapat dihitung dengan cara:

Intellectual Capital = Komitmen x Kompetensi

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Intellectual Capital memang merupakan asset yang tidak berwujud, namun Intellectual Capital sangat diperlukan dalam suatu perusahaan guna meningkatkan kualitas perusahaan agar para investor memberikan kepercayaannya kepada perusahaan tersebut. Karena, apabila suatu perusahaan hanya memiliki Physical Capital tanpa memiliki Intellectual Capital, maka perusahaan tersebut tidak akan bisa meningkatkan kualitasnya. Namun, jika suatu perusahaan memiliki Intellectual Capital tanpa bisa mengolahnya tetap akan terasa percuma. Karena suatu intellectual Capital memerlukan pengelolaan yang optimal agar memberikan hasil yang maksimal pula bagi perusahaan.

SARAN

Bagi perusahaan yang mungkin lebih mementingkan Physical Capital dibandingkan dengan Intellectual Capital, sebaiknya cobalah untuk lebih mementingkan Intellectual Capital. Karena Intellectual Capital sangat besar nilainya di mata para investor. Selain itu, Intellectual Capital juga diperlukan guna meningkatkan kemajuan perusahaan itu sendiri. Dan bagi perusahaan yang telah memiliki Intellectual Capital didalamnya, cobalah kelola lebih optimal lagi modal intelektual yang dimiliki sumber daya dalam perusahaan tersebut agar bisa memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

Imaningati. 2007. Pengaruh Intellectual Capital pada Nilai Pasar Perusahaan dan Kinerja Perusahaan [TESIS].
Semarang (ID) : Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Divianto. 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Intellectual Capital (Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital) Terhadap Bussiness Performance. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-IV:81-99.

Gea Randu S. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Intellectual Capital Pada Prospektus IPO [SKRIPSI]. Semarang (ID) : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Tjiptohadi S, Agustine PK. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan. Jurnal Akuntansi & Keuangan. Vol. 5 (1): 35-57.


One thought on “PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KEPERCAYAAN PARA INVESTOR

  1. Pingback: intellectual capital | kikiriyanila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s