PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS

PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS


DISUSUN OLEH:

NAMA    : ISMI HERDYANTI

NPM        : 29213986

KELAS    : 1EB16

TOPIK     : PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kini, tidak sedikit dari berbagai usaha kecil bermunculan untuk turut bersaing dalam bisnis. Perusahaan baru tersebut biasanya muncul dengan berbagai inovasi baru. Dan terkadang lokasi antar usaha yang beragam bahkan sejenis tidak berjauhan. Hal tersebut tentu bukan merupakan kebetulan, melainkan karena faktor kesengajaan dan faktor lainnya yang dianggap dapat memberikan keuntungan. Penentuan lokasi usaha bisnis tentu menjadi hal penting saat mendirikan perusahaan tersebut. Karena lokasi dapat menentukan berkembang atau tidaknya usaha tersebut di masa yang akan datang.

Banyak dari usaha-usaha bisnis yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya hanya karena salah dalam penentuan lokasi usahanya. Karena terkadang, perusahaan tidak terlalu mengutamakan masalah lokasi, namun pemasarannya untuk bisa menarik perhatian para konsumennya. Padahal, sebenarnya lokasi sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan usaha bisnis terutama di era sekarang ini dimana usaha-usaha bisnis bersaing dengan sangat ketatnya.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka terdapat beberapa masalah yang dirumuskan menjadi:

  1. Apa saja faktor yang mempengaruhi dalam penentuan lokasi usaha?
  2. Apa pengaruh lokasi usaha terhadap bisnis?
  3. Apa dampak apabila salah dalam pemilihan lokasi usaha?

Tujuan Penulisan

Dari latar belakang dan rumusan masalah yang telah ada, maka penulisan ini bertujuan untuk:

  1. Mencari tahu apa saja faktor yang mempengaruhi dalam penentuan lokasi dari suatu usaha.
  2. Mengetahui pengaruh lokasi usaha terhadap perkembangan bisnis.
  3. Mengatahui dampak yang terjadi apabila salah dalam menentukan lokasi usaha.

LANDASAN TEORI

Perusahaan merupakan tempat untuk melakukan suatu proses penciptaan barang atau jasa yang kemudian akan didistribusikan kepada para konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Perusahaan didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, kini tidak sedikit perusahaan yang mulai bermunculan disekitar masyarakat.

Perusahaan memiliki tata letak dan kedudukannya masing-masing. Kedudukan perusahaan merupakan tempat kantor pusat dari perusahaan tersebut. sedangkan tata letak perusahaan ialah tempat dimana perusahaan tersebut melakukan aktivitas operasi perusahaan atau tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik untuk menciptakan suatu barang yang nantinya akan dijual oleh perusahaan tersebut.

Letak dari perusahaan dibagi menjadi 4 (empat), yaitu:

  1. Letak perusahaan yang terikat dengan alam

    Yaitu perusahaan tersebut berhubungan dengan alam karena membutuhkan ketersediaan dan kemudahan bahan baku untuk proses produksinya. Perusahaan ini sangat bergantung pada kondisi alam tempat perusahaan tersebut didirikan. Contohnya, Perusahaan perkebunan, perusahaan pertambangan, dan sebagainya.

  2. Letak perusahaan yang terikat dengan sejarah

    Yaitu perusahaan yamg didirikan karena adanya hal yang berhubungan dengan sejarah di daerah lokasi perusahaan tersebut sehingga mengandung makna sejarah yang berarti dari barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Contoh: Perusahaan batik di Jogja.

  3. Letak perusahaan yang ditentukan oleh pemerintah

    Yaitu perusahaan yang letaknya ditentukan oleh pemerintah karena demi keamanan masyarakat luas. Hal ini berkaitan dengan keamananan masyarakat, kesehatan masyarakat, dan lain-lain. Contoh: Perusahaan bahan-bahan kimia, Perusahaan senjata, Perusahaan obat, dan lain-lain. Apabila perusahaan seperti itu didirikan ditempat yang salah bisa mengancam keamanan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan tersebut.

  4. Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

    Letak perusahaan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi kegiatan produksi perusahaan tersebut. Seperti ketersediaan bahan mentah, ketersediaan air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, dan sebagainya.

Jadi, dalam penentuan tata letak perusahaan, faktor-faktor lingkungan dari perusahaan tersebut juga membantu menentukan dimana akan didirikannya perusahaan tersebut. Seperti faktor konsumen, tenaga kerja, bahan baku, dan sebagainya.

PEMBAHASAN

Faktor Yang Mempengaruhi Penentuan Lokasi Usaha

Dalam menentukan lokasi usaha, tentu harus mempertimbangkan beberapa faktor tertentu, seperti:

  1. Peluang usaha

    Faktor ini sangat penting untuk diperhatikan dan dianalisis apakah daerah tempat akan dijadikannya lokasi usaha tersebut memiliki peluang yang baik untuk perusahaan dimasa depan atau tidak.

  2. Tenaga kerja

    Faktor tenaga kerja juga dibutuhkan karena suatu usaha tentu membutuhkan tenaga kerja. Faktor tenaga kerja ini dilihat dari mudah atau tidaknya untuk mencari tenaga kerja didaerah tersebut, bagus atau tidaknya kualitas kinerja dari para tenaga yang ada disana, berapa bayaran yang biasanya diberikan untuk para tenaga kerja didaerah tersebut, dan sebagainya.

  3. Transportasi

    Kemudahan untuk akses transportasi dalam penentuan lokasi usaha juga penting karena konsumen tentu akan memikirkan bagaimana cara mereka untuk sampai ke tempat usaha kita nantinya, apakah mudah atau sulit. Karena jika akses transportasi saja sudah susah, ketertarikan konsumen pun dapat berkurang.

  4. Akses Parkir

    Akses parkir untuk para konsumen juga sangat diperlukan karena apabila ada konsumen yang membawa kendaraan pribadi dan ternyata tidak ada akses untuk parkir kendaraan tersebut, tentu konsumen akan merasa kecewa dan konsumen bisa kurang puas terhadap pelayanan perusahaan tersebut.

  5. Kepadatan penduduk

    Tingkat kepadatan penduduk didaerah tersebut sangat diperlukan, karena semakin banyak penduduk yang ada didaerah tersebut, kemungkinan besar bisa menambah jumlah konsumen nantinya.

  6. Kekuatan daya beli masyarakat

    Kemampuan masyarakat dalam membeli suatu barang juga perlu diperhatikan, karena apabila kemampuan masyarakat tidak sesuai dengan target harga jual perusahaan, bisa jadi barang tersebut tidak akan terjual karena kurangnya kemampuan masyarakat untuk membeli barang tersebut.

  7. Ketersediaan bahan baku

    Ketersediaan bahan baku disekitar lingkungan tersebut juga penting karena tanpa adanya bahan baku, perusahaan tentu akan sulit memproduksi barang lagi nantinya sehingga aktivitas produksi perusahaan bisa terhenti.

Pengaruh Penentuan Lokasi Usaha Terhadap Bisnis

Penentuan lokasi usaha merupakan hal yang penting dalam mendirikan suatu usaha. Karena semakin strategis lokasi dari usaha tersebut maka semakin memberikan dampak yang baik untuk perusahaan seperti menambah pendapatan perusahaan, menambah konsumen perusahaan, dan sebagainya.

Sebagai contoh, lokasi yang dekat dengan tempat yang menyediakan bahan baku dapat meminimalkan biaya transportasi perusahaan dan memaksimalkan keuntungan perusahaan. Dan sebaliknya, jika lokasi perusahaan jauh dari tempat bahan baku, maka akan semakin besar biaya transportasi bahan baku yang harus dikeluarkan.

Untuk itu, penentuan lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Karena semakin strategi lokasi uusaha, semakin besar pendapatan yang diperoleh perusahaan. Dan begitupun sebaliknya, semakin tidak strategisnya lokasi perusahaan, maka akan memberikan dampak yang negative untuk perusahaan seperti menambahnya pengeluaran-pengeluaran perusahaan.

Dampak Dari Kesalahan Dalam Menentukan Lokasi Usaha

Apabila perusahaan tepat dalam menentukan lokasinya, tentu hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi perusahaan itu sendiri seperti meningkatnya pendapatan perusahaan, dan sebagainya. Namun, jika perusahaan salah dalam menentukan lokasinya, hal tersebut justru akan memberikan dampak yang negatif seperti rendahnya daya jual perusahaan, menurunnya pendapatan perusahaan, bahkan yang lebih parah perusahaan tersebut bisa mengalami kegagalan dalam bisnisnya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya analisis dan perhatian perusahaan terhadap faktor-faktor yang ada disekitar lingkungan lokasi tersebut.

Rendahnya daya jual dikarenakan kurangnya konsumen yang ada disekitar lokasi tersebut, atau juga bisa disebabkan kurangnya kemampuan masyarakat disekitar lokasi untuk mengkonsumsi produk perusahaan. Rendahnya daya jual ini pun dapat mengakibatkan penurunan dalam pendapatan karena jumlah barang yang diproduksi lebih besar dari jumlah barang yang dijual, bahkan jika terus dibiarkan, aktivitas produksi perusahaan bisa dihentikan karena kurangnya modal yang dimiliki perusahaan. Hal ini pun dapat mengakibatkan perusahaan mengalami kegagalan sehingga perusahaan dengan kata lain akan ditutup.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Dalam mendirikan perusahaan, penentuan lokasi perusahaan sangat penting untuk diperhatikan. Baik dari segi bahan baku, maupun dari segi faktor-faktor lingkungan didaerah tersebut. Karena, semakin strategis lokasi dari perusahaan tersebut, maka akan memberikan keuntungan yang maksimal. Dan begitupun sebaliknya, jika sampai perusahaan salah dalam menentukan lokasi, maka perusahaan tersebut bisa sampai mengalami kegagalan.

SARAN

Sebaiknya, sebelum menentukan lokasi usaha, perusahaan melakukan analisis terhadap lingkungan-lingkungan dekat lokasi tersebut. Baik dari segi kemampuan masyarakatnya, ketersediaan bahan baku dekat lokasi, dan sebagainya. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi perusahaan kedepannya. Untuk itu, perusahaan jangan sampai salah dalam menentukan lokasi usahanya agar tidak terjadi kegagalan dalam usaha bisnisnya.

DAFTAR PUSTAKA

Bonaventura EA. 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian [Skripsi]. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hermanto, Bambang. 2011. Pengaruh Lokasi Usaha, Karakteristik Bisnis Terhadap Strategi Bisnis Dan Kinerja Usaha Industri Kecil. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 9 (3): 1050-1060.

Pradana JP. 2011. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian [Skripsi] . Semarang : Universitas Diponegoro.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s