MANFAAT ADANYA PELAYANAN BAIK PERUSAHAAN TERHADAP KONSUMEN

MANFAAT ADANYA PELAYANAN BAIK PERUSAHAAN TERHADAP KONSUMEN


DISUSUN OLEH:

NAMA    : ISMI HERDYANTI

NPM        : 29213986

KELAS    : 1EB16

TOPIK     : TANGGUNG JAWAB SOSIAL BISNIS

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Memberikan pelayanan yang baik sudah menjadi tanggung jawab perusahaan. Tanpa adanya pelayanan yang baik, perusahaan tidak mungkin bisa mendapatkan banyak konsumen dalam bisnisnya. Karena di era globalisasi kini, persaingan bisnis pun semakin ketat. Pemberian kualitas pelayanan yang baik inilah yang bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen agar bisnis bisa terus berkembang.

Memang sudah banyak perusahaan yang sudah sadar mengenai pentingnya pelayanan yang baik terhadap konsumen sebagai salah satu bentuk tanggung jawabnya. Namun terkadang, tidak sedikit perusahaan yang kurang memperhatikan mengenai hal ini. Mereka menganggap kualitas produk jauh lebih penting. Memang kualitas dari produk juga menjadi hal yang penting, namun pelayanan tersebut tidak kalah pentingnya dengan kualitas produk. Sebaik-baiknya kualitas produk yang ditawarkan, jika tanpa adanya pelayanan yang baik, belum tentu konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Bisa jadi konsumen justru membeli produk dari perusahaan lain yang memiliki kualitas produk tidak jauh berbeda namun memiliki kualitas pelayanan yang sangat memuaskan. Dan pada akhirnya, perusahaan pun akan kehilangan konsumennya. Untuk itulah kualitas pelayanan yang baik memang sangat diperlukan dalam bisnis sebagai salah satu bentuk tanggung jawabnya.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang sudah diketahui, terdapat beberapa masalah yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Mengapa masih ada perusahaan yang memberikan pelayanan yang kurang baik terhadap konsumen?
  2. Apa manfaat dengan adanya pemberian pelayanan yang baik terhadap konsumen?

Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang ada, penulisan ini bertujuan untuk:

  1. Mengetahui manfaat dari adanya pelayanan baik terhadap konsumen sebagai salah satu wujud tanggung jawab perusahaan
  2. Mengetahui alasan perusahaan yang masih memberikan pelayanan yang kurang baik terhadap konsumennya.

LANDASAN TEORI

Tanggung jawab sosial perusahaan dapat diartikan sebagai suatu sikap atau etika perusahaan dimana perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, dan lingkungan sekitar perusahaan tersebut. Etika ini sangat diperlukan dalam membangun sebuah perusahaan demi menjaga nama baik perusahaan itu sendiri. Etika yang baik, akan memberikan hal-hal yang baik pula untuk perusahaan.

Etika dalam bisnis atau bentuk tanggung jawab sosial dalam bisnis sebenarnya tidak hanya memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, namun juga harus menjaga hubungan baik dengan karyawan, analisis mengenai dampak lingkungan, menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3), dan lain-lain. Etika bisnis ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dapat meningkatkan motivasi para pekerja dengan terjalinnya hubungan yang baik, meningkatkan keunggulan dalam bersaing karena terlihatnya berbagai bentuk etika bisnis yang baik atau sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan tersebut.

PEMBAHASAN

Penyebab Suatu Perusahaan Memberikan Pelayanan Yang Kurang Baik Terhadap Konsumennya

Pelayanan yang baik terhadap konsumen merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan. Namun, tidak sedikit dari perusahaan yang belum memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumennya. Hal ini tentu disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  1. Tidak mengetahui apa yang diharapkan konsumen

    Hal ini dapat disebabkan karena perusahaan kurang dalam melakukan riset pelanggan. Sehingga perusahaan tidak mengetahui apa yang sebenarnya para konsumen harapkan.

  2. Kurangnya saran dari para konsumen

    Terkadang konsumen juga hanya mementingkan kepentingannya dengan menginginkan pelayanan yang baik namun tidak memberi saran kepada perusahaan mengenai apa yang diharuskan oleh perusahaan tersebut sehingga perusahaan tidak bisa memperbaiki pelayanannya kepada para konsumen.

  3. Kurang fokus dalam membangun relasi dengan konsumen

    Hal ini bisa dikarenakan perusahaan hanya memikirkan untuk mencari pelanggan baru tanpa memperhatikan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan lamanya sehingga perusahaan hanya memprioritaskan pelanggan barunya saja.

  4. Kurang memperhatikan terhadap standar pelayanan yang baik

    Karena terlalu mengarah kepada pencarian pelanggan baru, perusahaan terkadang sampai tidak memperhatikan bagaimana standar pelayanan yang baik yang seharusnya diberikan kepada pelanggannya.

  5. Kurangnya sarana dan prasarana pendukung

    Kurangnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelayanan terhadap konsumen ini membuat pelayanan menjadi terlihat biasa saja tanpa keunikan atau kesan tersendiri bagi konsumennya.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan perusahaan kurang memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumennya. Padahal sebenarnya hal-hal tersebut bisa diatasi apabila perusahaan lebih memperhatikan terhadap konsumennya.

Manfaat Adanya Pemberian Pelayanan Yang Baik Terhadap Konsumen

Pelayanan yang baik tentu akan memberikan hal yang baik pula untuk perusahaan. Karena pelayanan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan, maka ini dapat memberikan keuntungan tersendiri untuk perusahaan seperti:

  1. Konsumen akan setia kepada perusahaan

    Karena konsumen merasa pelayanan perusahaan sangat baik, konsumen bisa jadi akan menjadi pelanggan tetap perusahaan tersebut.

  2. Konsumen bisa menjadi media iklan gratis

    Dengan kepuasan konsumen terhadap pelayanan perusahaan, konsumen bisa saja menyebarkan mengenai hal tersebut kepada rekan-rekan atau tetangganya sehingga perusahaan bisa menjadi lebih dikenal.

  3. Kelangsungan bisnis jangka panjang terjamin

    Dengan semakin banyaknya pelanggan tetap perusahaan, maka perusahaan tidak perlu khawatir tidak akan mendapat pelanggan, karena sudah adanya para pelanggan tetap tersebut.

  4. Konsumen tidak akan mempermasalahkan mengenai harga

    Karena rasa kepercayaan konsumen terhadap perusahaan, maka konsumen tidak akan mempermasalahkan mengenai harga terhadap suatu produk yang ditawarkan perusahaan.

  5. Konsumen merasa puas karena kebutuhannya terpenuhi

    Kebutuhan konsumen bukan hanya dari kualitas produk, melainkan juga dari segi kualitas pelayanan perusahaan. Dengan pelayanan yang baik, maka konsumen akan merasa bahwa semua kebutuhannya telah dipenuhi oleh perusahaan.

  6. Nama baik perusahaan meningkat

    Hal ini dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang merasa puas dan menjadi konsumen setia sehingga nama baik perusahaan pun meningkat di mata semua konsumen.

  7. Unggul dalam persaingan bisnis

    Maksudnya unggul disini yaitu perusahaan bisa dikatakan satu langkah didepan perusahaan lainnya dalam bersaing karena konsumen telah mempercayai baik dari segi pelayanan maupun kualitas produk perusahaan tersebut.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Tanggung jawab sosial perusahaan sangatlah penting untuk dilakukan. Salah satunya ialah dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap para konsumennya. Tanpa adanya bentuk tanggung jawab sosial tersebut, belum tentu akan ada konsumen yang berdatangan. Sedangkan jika dengan diciptakannya bentuk tanggung jawab sosial seperti berupa pelayanan yang baik terhadap para konsumen, maka akan memberikan berbagai manfaat yang baik untuk perusahaan tersebut kedepannya.

SARAN

Sebaiknya perusahaan yang sudah memberikan pelayanan yang baik tetap dipertahankan jangan sampai berkurang dan mengecewakan para konsumen setianya. Dan untuk perusahaan yang belum memberikan pelayanan yang baik untuk para konsumennya, sebaiknya lebih perhatikan mengenai tanggung jawab sosialnya sebagai perusahaan salah satunya dengan memperhatikan mengenai kepuasan konsumennya. Karena tanpa konsumen, perusahaan akan mengalami kegagalan. Jadi, coba perhatikan standar pelayanan yang baik terhadap konsumen sehingga perusahaan pun bisa menjadi unggul dalam persaingan.

DAFTAR PUSTAKA

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Bandung: CV Alfabeta.

Windarti, Ayu Oka. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Utama (KCU) Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi. Vol. 2(1): 1-20.


One thought on “MANFAAT ADANYA PELAYANAN BAIK PERUSAHAAN TERHADAP KONSUMEN

  1. Pingback: Pelayanan Konsumen | mutianirida28

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s