STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL

STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL


DISUSUN OLEH:

NAMA    : ISMI HERDYANTI

NPM        : 29213986

KELAS    : 1EB16

TOPIK     : PEMASARAN


PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada era sekarang ini, pertumbuhan usaha-usaha kecil semakin meningkat seiring dengan kebutuhan yang turut meningkat. Hampir kebanyakan orang lebih memilih untuk membuka usaha walaupun masih usaha kecil disbanding dengan melamar pekerjaan yang tentunya tidak mudah. Namun, tidak semua dari usaha kecil tersebut dapat sukses menjadi sebuah usaha yang besar. Semua tergantung pada pengusaha tersebut apakah bisa menjalankan usahanya terutama dalam hal pemasaran produk yang dijualnya.

Pemasaran merupakan hal penting dalam usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah besar. Tanpa adanya pemasaran, usaha tersebut tidak akan dikenal orang dan tidak akan menjadi usaha yang besar. Setiap orang yang mendirikan usaha tentu harus melakukan pemasaran. Hanya kembali ke orang tersebut, apakah berpotensi dalam melakukan pemasaran atau tidak. Karena jika dalam pemasaran saja tidak berhasil, bagaimana usaha tersebut bisa berkembang kedepannya.

Dalam pemasaran, tentu harus diperhatikan berbagai hal seperti target konsumen, kemana barang tersebut akan dipasarkan, dan sebagainya. Penggunaan dana dalam hal pemasaran juga sangat diperlukan. Sehubungan dengan usaha kecil, tentu dana yang dimiliki terbatas karena tidak sebanyak dana yang dimiliki usaha yang sudah maju. Untuk itu, strategi pemasaran bagi usaha kecil sangat diperlukan dalam rangka perluasan usaha tersebut. Semakin baik pemasarannya, maka usaha tersebut akan semakin meningkat. Jadi, semua tergantung pada orang yang melakukan pemasaran tersebut.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana cara mengoptimalkan pemasaran dalam usaha kecil dengan anggaran dana yang terbatas?
  2. Kendala apa saja yang biasanya ditemui dalam pemasaran bagi usaha kecil?
  3. Bagaimana strategi pemasaran yang baik untuk usaha kecil?

Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, tujuan penulisan ini yaitu:

  1. Untuk mengetahui cara mengoptimalkan pemasaran meskipun anggaran dana terbatas.
  2. Untuk mengetahui kendala apa saja yang biasanya muncul dalam pemasaran bagi usaha kecil.
  3. Mengetahui strategi pemasaran yang baik untuk usaha kecil.

LANDASAN TEORI

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan bisnis yang terdiri dari penetapan harga, pendistribusian barang, serta promosian barang guna memenuhi kebutuhan pasar dan menyebarluaskan barang atau jasa hasil produksi usaha tersebut.

Konsep-konsep inti dari pemasaran yaitu:

  1. Kebutuhan: Keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan sesuatu.
  2. Keinginan: Hal-hal yang menyangkut keinginan manusia itu sendiri.
  3. Permintaan: Keinginan yang tidak terbatas namun SDM nya terbatas.
  4. Produk: Sesuatu yang ditawarkan dalam pemasaran tersebut.
  5. Pertukaran: Keinginan memperoleh sesuatu dari orang lain dengan memberikan sesuatu yang lain sebagai gantinya.
  6. Transaksi: Pertukaran yang melibatkan dua belah pihak terhadap suatu barang atau jasa.
  7. Pasar: Tempat terjadinya transaksi.

Dalam pemasaran juga dibutuhkan manajemen pemasaran, yaitu suatu analisis, perencanaan serta pengendalian terhadap suatu program yang telah dirancang untuk mencapai tujuan dari usaha tersebut. Selain itu, dalam pemasaran juga terdapat beberapa pendekatan dalam melakukan pemasaran tersebut, antara lain:

  1. Pendekatan serba barang: Mengenai bagaimana suatu produk berpindah dari produsen ke konsumen.
  2. Pendekatan Institusi: Mengenai pemasaran dari segi organisasi yang terlibat dalam pemasaran tersebut.
  3. Pendekatan Fungsional: Mengenai penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, serta pengumpulan mengenai informasi pasar.
  4. Pendekatan
    Manajerial: Mengenai pemasaran yang berdasarkan pada pendapat manajer serta kepuasan yang diambilnya.
  5. Pendekatan Sosial: Mengenai kontribusi sosial dan biaya yang timbul akibat aktivitas pemasaran tersebut.

Pemasaran ini sangat berguna bagi semua usaha, baik usaha kecil maupun usaha besar. Karena pemasaran dapat membantu memaksimalkan konsumen, memaksimalkan kepuasan para konsumen, dan sebagainya.

PEMBAHASAN

Cara Mengoptimalkan Pemasaran Bagi Usaha Kecil Dengan Anggaran Dana Yang Terbatas

Meskipun usaha kecil memiliki keterbatasan dalam hal anggaran dana, namun bukan berarti usaha kecil tidak dapat melakukan pemasaran seperti halnya yang dilakukan usaha-usaha yang telah maju. Usaha kecil tetap bisa melakukan pemasaran namun harus dengan memanfaatkan semaksimal mungkin anggaran dana yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan:

  1. Bekerja sama dengan pengusaha lainnya atau rekan dekat dalam hal pemasangan iklan. Hal ini dapat meminimumkan dana yang dikeluarkan.
  2. Melakukan penawaran produk kepada konsumen secara langsung serta dengan memberikan sedikit potongan. Potongan dapat menarik perhatian konsumen agar membeli produk tersebut.
  3. Memperkenalkan produk melalui media gratis. Contohnya ialah melalui media internet. Ada beberapa situs yang dapat menjadi media iklan secara gratis. Bahkan bisa melalui media sosial yang kini tentu telah dimiliki banyak orang. Ini juga dapat memudahkan konsumen dalam mencari produk yang ditawarkan.
  4. Melalui lingkungan yang ada disekitar. Contohnya melalui tetangga. Dari satu tetangga, tentu jika dia puas terhadap produk tersebut dia akan memberikan info kepada yang lainnya. Hal ini contoh lain pemasaran yang dilakukan secara gratis.

Kendala Yang Muncul Dalam Pemasaran Bagi Usaha Kecil

Dalam melakukan suatu kegiatan, tentu tidak semuanya berjalan secara lancer. Pasti ada hambatan atau kendala dalam melakukan kegiatan tersebut. Contohnya ialah dalam melakukan pemasaran bagi usaha kecil. Kendala yang biasanya ditemui dalam pemasaran usaha kecil yaitu:

  1. Perencanaan strategi pemasaran yang kurang matang. Hal ini disebabkan banyak pengusaha-pengusaha kecil yang tidak terlalu memperhatikan aspek-aspek pemasaran serta kurang melakukan perencanaan dalam pemasaran tersebut. Sehingga pemasaran tidak memberikan hasil yang baik.
  2. Target pasar yang terlalu lebar. Seorang pengusaha biasanya sudah terlebih dahulu memberi target pasar untuk semua orang agar usahanya cepat berkembang. Padahal seharusnya tidak seperti itu. Seharusnya pemasaran dilakukan dilingkungan sekitar terlebih dahulu untuk melihat respon mereka. Apanila hal tersebut memberikan hal yang baik, maka baru bisa dipasarkan ke target yang sedikit lebih luas dari lingkungan sekitar. Jadi pemasaran harus dilakukan secara bertahap.
  3. Kurangnya kemampuan dalam hal mengatur anggaran dana. Dana yang dimiliki usaha kecil tentu tidak sebanyak dana yang dimiliki usaha yang telah maju, sedangkan terkadang pengusaha tersebut kurang memperhatikan hal tersebut sehingga pemasaran belum selesai dilakukan ke semua target namun anggaran dana telah habis.
  4. Target pasar yang salah. Terkadang pengusaha tidak menganalisis terlebih dahulu target mana yang sesuai untuk dipasarkan produknya. Karena tidak semua masyarakat sesuai dengan produk tersebut.

Strategi Pemasaran Yang Baik Untuk Usaha Kecil

Usaha kecil juga perlu melakukan strategi pemasaran, seperti:

  1. Melakukan perencanaan konsep pemasaran. Hal ini termasuk merencanakan anggaran pemasaran, strategi pemasaran produk, dan sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  2. Menentukan target pasar yang tidak terlalu luas. Target yang terlalu luas belum tentu dapat mensukseskan pemasaran. Jadi alangkah baiknya apabila pemasaran dilakukan pada target yang tidak terlalu luas dahulu.

  3. Menghitung anggaran pemasaran. Perhitungan anggaran tersebut haruslah akurat agar tidak terjadi kesalahan kedepannya. Karena biasanya usaha kecil melakukan perhitungan anggaran dengan tidak terlalu akurat sehingga menyebabkan pemborosan.
  4. Membuat website. Karena hampir semua usaha sudah memiliki website tersendiri. Hal ini juga dapat membantu memudahkan pemasaran produk.
  5. Membuat brand. Terkadang konsumen lebih memilih produk yang memiliki brand. Untuk itu, usahakan produk tersebut memiliki brand agar pada saat dilakukan promosi dan iklan akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif sehingga mampu meningkatkan penjualan.
  6. Membuat hubungan dengan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat member card, dan bagi yang memiliki member card tersebut akan mendapatkan diskon dan sebagainya.

Strategi pemasaran ini sangat penting karena apabila strategi pemasarannya kurang tepat, maka sebuah usaha bisa hancur.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Pemasaran sangat diperlukan oleh setiap usaha, baik usaha kecil maupun usaha besar. Tanpa adanya pemasaran, produk yang ditawarkan tidak mungkin dikenal banyak konsumen dan usaha pun tidak akan meningkat menjadi usaha yang maju. Namun, pemasaran tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus ada strategi yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum dilakukannya pemasaran. Terutama dalam hal anggaran dana. Berhubung anggaran dana yang dimiliki usaha kecil terbatas, maka perlu dilakukan pengoptimalan pemasaran untuk meminimumkan biaya yang dikeluarkan. Karena telah banyak usaha yang mengalami kegagalan karena kesalahan dalam hal pemasaran. Seperti terlalu luasnya target yang ditentukan, kurangnya rencana strategi pemasaran, kurangnya kemampuan dalam hal mengatur anggaran dana, serta kesalahan dalam memilih target pasar. Untuk itu, perlu dipelajari lebih dalam mengenai strategi pemasaran yang baik untuk usaha kecil.

SARAN

Sebaiknya, usaha kecil jangan terlebih dahulu menentukan target pasar yang luas. Cobalah dengan menentukan target pasar yang ada dilingkungan sekitar. Karena target pasar yang luas juga memperbesar anggaran dana yang harus dikeluarkan sedangkan anggaran dana yang dimiliki sangatlah terbatas. Selain itu, cobalah melakukan pemasaran dengan berbagai media yang gratis, seperti melalui internet, media sosial, melalui tetangga-tetangga sekitar, atau menjalin kerja sama dalam hal periklanan agar biaya yang dikeluarkan dapat berkurang. Dan jangan lupa untuk melakukan pematangan strategi pemasaran, agar tidak terjadi kesalahan dalam hal pemasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Susilo SY, Krisnadewara PD. 2007. Strategi Bertahan Industri Kecil Pascagempa Bumi di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 9(2):127-146.

Kotler & Amstrong (2004). Dasar-dasar Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Indriyo Gitosudarmo (1994). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

 


2 thoughts on “STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s