PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BAGI PERUSAHAAN

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BAGI PERUSAHAAN


DISUSUN OLEH:

NAMA    : ISMI HERDYANTI

NPM        : 29213986

KELAS    : 1EB16

TOPIK     : PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Teknologi bukanlah hal yang baru dalam kehidupan masyarakat. Hampir semua masyarakat dunia membutuhkan dan menggunakan teknologi untuk membantu kegiatannya baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Perkembangan teknologi pun semakin lama semakin berkembang dengan pesat seiring bertambahnya pengetahuan-pengetahuan dari masyarakat itu sendiri. Jadi, perkembangan teknologi itu pun tidak dapat kita hindari.

Kehidupan manusia pun pada umumnya tidak pernah bisa terlepas dari teknologi. Karena menurut salah satu pengamat teknologi, Nana Syaodih S, teknologi memang sudah ada sejak dahulu dan manusia dan tanpa sadar manusia sudah menggunakan teknologi tersebut. Sebagai contoh, pada zaman dulu, jika manusia ingin memetik buah di pohon maka akan menggunakan galah. Dari hal itu saja manusia sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.

Pemanfaatan teknologi pun kini sudah digunakan diberbagai kalangan, salah satunya perusahaan. Hampir semua perusahaan kini memanfaatkan teknologi untuk kemajuan perusahaan mereka. Semakin canggih teknologi yang digunakan oleh perusahaan, maka semakin mudah dan cepat kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan tersebut. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan para pengusaha merasa perlu menerapkan teknologi dalam perusahaannya. Selain itu, pada era globalisasi ini hampir semua badan usaha dituntut untuk melakukan perubahan guna meningkatkan daya saingnya.

Rumusan Masalah

Di zaman globalisasi saat ini, tentu teknologi tiada henti berkembang dan mempengaruhi aktivitas manusia. Perkembangan teknologi ini pun berpengaruh terhadap banyak kalangan, salah satunya perusahaan. Perusahaan biasanya selalu mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi kemudian menerapkannya dalam kegiatan maupun struktur perusahaan tersebut. Untuk lebih jelas mengenai perkembangan teknologi terhadap perusahaan, dirumuskan beberapa masalah yang akan dibahas berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu:

  1. Apa fungsi teknologi bagi perusahaan?
  2. Apa saja peranan teknologi terhadap perusahaan?
  3. Apa pengaruh bagi perusahaan akibat perkembangan teknologi?
  4. Bagaimana bila suatu perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi?

Tujuan Penulisan

Dilihat dari rumusan masalah yang akan dibahas, maka penulisan ini dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memberikan wawasan mengenai perkembangan teknologi, dampak dari perkembangan teknologi tersebut, dan manfaat dari adanya teknologi tersebut
  2. Mengetahui seberapa penting pengaruh teknologi bagi perusahaan

LANDASAN TEORI

Teknologi merupakan salah satu sarana yang diperlukan manusia untuk kelangsungan dan kenyamanan hidupnya. Maka dari itu, penggunaan teknologi sebenarnya telah ada sejak dahulu pada zaman romawi kuno, hanya saja manusia tidak menyadari akan hal tersebut. Teknologi pun sangat mempengaruhi masyarakat luas dengan berbagai cara di berbagai bidang. Sebagai contoh di bidang ekonomi, teknologi telah membantu memperbaiki perekonomian global hingga saat ini.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun turut berkembang. Teknologi berkembang karena pengetahuan-pengetahuan dari manusia itu sendiri pun semakin berkembang. Perkembangan teknologi ini terjadi secara drastis dan terus bervolusi hingga sekarang.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan masyarakat sekarang karena teknologi merupakan salah satu penunjang kemajuan masyarakat. Teknologi pun telah menciptakan berbagai obyek serta teknik yang dapat membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu agar lebih cepat dan efisien.

Pemanfaatan teknologi juga tidak hanya untuk masyarakat atau bidang tertentu saja, melainkan semua masyarakat dan semua bidang dapat menggunakan teknologi untuk menunjang aktivitasnya. Sebagai contoh bidang yang melakukan pemanfaatan teknologi ialah perusahaan. Perusahaan merupakan tempat untuk melakukan suatu proses penciptaan barang atau jasa yang kemudian akan didistribusikan kepada para konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Maka dari itu, perusahaan menggunakan teknologi agar membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semaksimal dan seefisien mungkin.

Penggunaan teknologi dalam perusahaan dapat mempengaruhi kemajuan perusahaan tersebut. karena teknologi merupakan salah satu faktor lingkungan dalam perusahaan. Faktor lingkungan dari perusahaan itu sendiri ada 2 (dua), yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Faktor yang termasuk dalam lingkungan mikro yaitu semua orang yang mempengaruhi perusahaan tersebut secara langsung. Seperti pelanggan, pemasok, dan juga pesaing. Pelanggan secara langsung mempengaruhi perusahaan karena berkembangnya perusahaan dan besarnya keuntungan yang nantinya didapat perusahaan tergantung dari banyak atau sedikitnya orang yang menjadi pelanggan dari perusahaan tersebut. Sedangkan pemasok berpengaruh secara langsung karena mereka memberikan ketersediaan bahan baku untuk diolah menjadi produk yang nantinya akan dipasarkan oleh perusahaan. Tanpa adanya bahan baku, kegiatan produksi perusahaan pun tidak dapat berjalan. Sedangkan lingkungan makro ialah faktor yang berasal dari luar operasional perusahaan. Contohnya ialah teknologi tersebut. Perkembangan teknologi kini memang sangat membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan, karena perembangan teknologi bisa menjadi peluang yang baik untuk perusahaan, namun juga bisa mengancam kedudukan perusahaan.

PEMBAHASAN

Fungsi Teknologi Bagi Perusahaan

Teknologi diciptakan bukan dengan tanpa fungsi yang pasti untuk masyarakat luas. Teknologi tentu memiliki fungsi tersendiri untuk setiap kalangan yang menggunakannya. Contohnya, teknologi memiliki fungsi bagi perusahaan, antara lain:

  1. Fungsi Operasional

    Fungsi operasional teknologi ini mengakibatkan struktur organisasi perusahaan menjadi lebih ramping karena hampir seluruh bagian perusahaan telah menggunakan teknologi dalam perusahaan tersebut.

  2. Fungsi Planning dan Decision

    Dalam hal ini, teknologi berfungsi sebagai knowledge generator para pemimpin perusahaan untuk mengambil keputusan. Jadi, para pemimpin perusahaan yang sedang dihadapkan untuk mengambil keputusan, mereka akan mencari berbagai hal yang bisa menjadi landasan pengambilan keputusan tersebut lewat teknologi agar mereka memiliki alasan yang kuat dalam mengambil keputusan tersebut.

  3. Fungsi Communication

    Teknologi berfungsi sebagai media komunikasi tiap individu perusahaan. Jadi, dalam hal ini individu perusahaan dapat berinteraksi dengan perusahaan lain untuk berkolaborasi, dan sebagainya. Teknologi dalam fungsi communication ini juga dapat dijadikan sebuah media promosi kepada para pelanggan.

Peranan Teknologi Untuk Perusahaan

Semakin hari, teknologi tentu mengalami kemajuan, bukan kemunduran. Teknologi memang telah banyak mengalami perkembangan dari zaman dahulu hingga sekarang, dari teknologi sederhana hingga teknologi yang sangat canggih. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memang memerlukan sarana untuk memudahkan dalam menjalankan aktivitas.

Teknologi dan perusahaan sebenarnya memiliki hubungan yang simbiosis. Aktivitas dalam perusahaan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien dengan adanya bantuan teknologi. Dan seiring dengan keperluan perusahaan yang bertambah, perusahaan memerlukan berbagai teknologi baru yang dapat membantunya untuk mengembangkan kemajuan perusahaan tersebut hingga perusahaan pun mencoba membuat teknologi baru. Dengan begitu, teknologi pun bertambah maju dan berkembang lagi.

Teknologi memiliki peranan tersendiri bagi perusahaan, yaitu:

  1. Menunjang kegiatan operasional perusahaan

    Kegiatan operasional perusahaan kini tidak memerlukan lagi cara-cara manual yang tentunya mempersulit tenaga kerja perusahaan tersebut. Karena kini teknologi pun bisa menyeimbangi bahkan melebihi kekuatan manusia. Kini para tenaga kerja dan pelaku bisnis tidak melakukan segala kegiatan operasional perusahaan secara keseluruhan. Mereka hanya perlu melengkapi untuk melakukan hal-hal yang mungkin memang belum bisa dilakukan oleh teknologi tersebut. karena sehebat-hebatnya teknologi, tentu memiliki kekurangan sendiri.

  2. Mempermudah kegiatan perusahaan dengan berbagai aplikasi

    Dengan berkembanganya teknologi, tentu bermunculan berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Sebagai contoh ialah aplikasi sistem akuntansi. Dengan adanya aplikasi tersebut, perusahaan tidak perlu mengharuskan tenaga kerjanya melakukan perhitungan akuntansi secara manual, karena aplikasi tersebut bisa membantu dalam menghitung keuangan perusahaan bahkan lebih akurat. Manusia hanya tinggal memasukkan data-data keuangan, kemudia aplikasi tersebut mengolah data keuangan tersebut hingga menghasilkan laporan yang diinginkan perusahaan tanpa menyulitkan manusia itu sendiri. Begitupun dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang memiliki fungsi masing-masing.

  3. Mempercepat perolehan informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan perusahaan

    Teknologi masa kini bahkan sudah bisa terhubung dengan internet. Dan akses internet di zaman sekarang sangatlah mudah. Dengan adanya internet tersebut, memungkinkan perusahaan untuk mengetahui perkembangan bisnis yang ada didunia. Perusahaan juga bisa mencari data-data atau informasi yang mungkin dibutuhkan untuk proses perkembangan kemajuan perusahaan tersebut dengan mudah dan cepat. Selain itu, perusahaan juga bisa berkomunikasi dengan para pelaku bisnis lainnya melaui internet.

  4. Mempermudah untuk menjalankan aktivitas

    Semakin teknologi tersebut berkembang, semakin mudah pula cara pengoperasian teknologi tersebut. Dengan mudahnya dalam mengakses teknologi, maka aktivitas pekerjaan yang dilakukan dengan teknologi tersebut pun terasa ringan dan mudah untuk dijalankan.

  5. Menghemat waktu pekerja dan pelaku bisnis

    Dengan adanya teknologi, pekerja atau pelaku bisnis pun akan lebih cepat dalam melakukan aktivitasnya. Karena proses yang dilakukan oleh teknologi biasanya lebih cepat jika dibangdingkan dengan proses yang dilakukaan oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi, waktu pun tidak akan terbuang banyak dalam melakukan suatu aktivitas perusahaan.

  6. Dan sebagainya

Pengaruh Bagi Perusahaan Akibat Dari Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi tentu membawa pengaruh yang besar terhadap perusahaan. Terutama jika perusahaan tersebut memanfaatkannya dalam aktivitas operasional perusahaannya. Namun, pengaruh yang dibawa oleh teknologi tidak hanya pengaruh yang baik seperti halnya feedback yang dirasakan apabila perusahaan menggunakan teknologi tersebut. Melainkan juga ada pengaruh buruknya bagi perusahaan, antara lain:

  1. Kurangnya hubungan antara pelanggan dengan manajemen perusahaan

    Karena kemudahan teknologi, terkadang manajemen perusahaan lebih banyak menggunakan telepon dibanding berhubungan langsung dengan pelanggannya. Sehingga terkadang manajemen perusahaan tersebut tidak mengetahui apakah pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan para tenaga kerjanya atau tidak.

  2. Kemungkinan terjadi penyalahgunaan data untuk kepentingan pribadi

    Karena teknologi kini semakin canggih, maka tidak menutup kemungkinan bila ada orang yang menyalahgunakaan kegunaan teknologi tersebut. Seperti pengambilan data untuk keperluan pribadinya. Padahal bisa saja data tersebut rahasia. Namun karena teknologi yang semakin berkembang, orang tersebut bisa melakukan semua itu secara sembunyi.

  3. Perlindungan hak cipta sulit diwujudkan

    Sekumpulan data yang disimpan perusahaan bisa saja dicopy oleh orang lain yang memiliki niat tertentu sehingga data tersebut bisa tersebar tanpa ada hak cipta perusahaan yang membuatnya.

  4. Ketergantungan pada teknologi

    Karena mudahnya penggunaan teknologi, terkadang manusia menjadi lebih bergantung pada teknologi tersebut. Padahal bisa saja suatu saat apabila sedang melakukan aktivitas, tiba-tiba teknologi tersebut rusak atau mati sehingga aktivitas perusahaan pun turut berhenti karena manusia-manusianya terbiasa melakukan aktivitas dengan teknologi.

Namun, disamping dampak buruk tersebut, tentu teknologi memiliki dampak positif yang membuat banyak perusahaan menggunakannya. Dampak tersebut antara lain:

  1. Memperingan dan mempercepat pekerjaan

    Pada umumnya, teknologi memang lebih cepat dalam melakukan aktivitas perusahaan baik dalam bidang produksi maupun lainnya. Sehingga dengan adanya teknologi, perusahaan lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan aktivitasnya.

  2. Dapat digunakan sebagai sarana pemasaran atau promosi

    Kini teknologi sudah semakin berkembang dan digunakan oleh masyarakat mendunia, hal itu dapat dijadikan lahan promosi bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui teknologi internet yang kini dapat diakses dengan mudah.

  3. Mempermudah komunikasi dengan perusahaan lain untuk menjalin
    kerjasama

    Dengan adanya teknologi, komunikasi antar perusahaan pun menjadi lebih mudah tanpa harus tatap muka sekalipun.

  4. Memudahkan mencari informasi mengenai bisnis perusahaan

    Ini merupakan dampak dari adanya teknologi internet yang memudahkan perusahaan mencari segala informasi apapun yang memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut untuk melakukan aktivitasnya.

    .

Perusahaan Yang Tidak Mengikuti Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi itu sendiri sebenarnya memudahkan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Hampir semua perusahaan kini telah memanfaatkan dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Karena dengan mengikuti perkembangannya, perusahaan dapat mengetahui informasi-informasi terbaru dari negara manapun hanya dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Selain itu, kinerja perusahaan pun akan lebih cepat dan efisien apabila menggunakan teknologi. Memang semua aktivitas terasa lebih mudah dengan adanya teknologi dalam perusahaan tersebut. Jadi, apabila ada perusahaan yang masih belum memanfaatkan teknologi dan tidak mengikuti perkembangan teknologi tersebut, perusahaan itu bisa tertinggal dengan perusahaan lainnya. Dan kemungkinan perkembangan kemajuan perusahaan tersebut pun menjadi lambat. Kemungkinan perusahaan tersebut untuk bersaing dengan perusahaan lain yang selalu mengikuti perkembangan teknologi pun bisa tipis harapan.

Memang perkembangan teknologi juga membawa dampak buruk bagi perusahaan seperti yang sebelumnya telah dikemukakan. Namun, semua tergantung pada perusahaan itu lagi apa bisa mengatasi dampak-dampak tersebut hingga tidak terasa atau justru sebaliknya.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Pada umumnya, teknologi memang diperlukan oleh perusahaan demi kemajuan perusahaan tersebut. Karena nyatanya, teknologi memang mempermudah kinerja perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Pemanfaatan teknologi oleh perusahaan juga merupakan hubungan yang simbiosis. Jadi, dengan perusahaan memanfaatkan teknologi tersebut, perusahaan akan mencoba untuk menciptakan teknologi yang lebih baru yang bisa membantu aktivitas lain yang mungkin belum ada teknologi yang bisa melakukan hal tersebut. Dengan begitu, teknologi pun semakin berkembang dan perusahaan pun nantinya akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya karena semua akan dilakukan oleh teknologi tersebut. Selain itu, dengan adanya teknologi, waktu yang dimiliki perusahaan pun tidak akan terbuang banyak karena teknologi memang bekerja lebih cepat bila dibandingkan dengan manusia. Hanya saja, terkadang apabila perusahaan terlalu bergantung pada teknologi tersebut, apabila suatu saat teknologi itu rusak, maka aktivitas perusahaan yang biasa dilakukan oleh teknologi tersebut akan terhenti dan hal itupun akan menghambat kegiatan perusahaan.

SARAN

Sebaiknya, apabila suatu perusahaan ingin memanfaatkan teknologi dalam menjalankan aktivitas operasionalnya, lebih baik perusahaan lebih teliti dan berhati-hati dalam penggunaannya. Meskipun teknologi memberikan banyak manfaat untuk perusahaan , namun teknologi tetap memiliki kelemahan yang bisa menjadi kerugian bagi perusahaan itu sendiri nantinya. Selain itu, perusahaan sebaiknya tidak bergantung kepada teknologi. Biar bagaimanapun teknologi memiliki batas usia pakainya atau umur ekonomisnya. Apabila perusahaan kurang memperhatikan hal tersebut karena terlalu bergantung pada teknologi, perusahaan itu sendiri yang akan mengalami resiko karena apabila teknologi tersebut rusak, aktivitas operasional perusahaan pun akan terhenti. Sehingga hal itu dapat menghambat kemajuan perusahaan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Tiyara Sari. 2011. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM (Usaha Kecil Menengah) [Skripsi]. Surabaya (ID): Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s