MEMULAI BISNIS ONLINE DI KALANGAN MASYARAKAT

MEMULAI BISNIS ONLINE DI KALANGAN MASYARAKAT


DISUSUN OLEH:

NAMA    : ISMI HERDYANTI

NPM        : 29213986

KELAS    : 1EB16

TOPIK     : RUANG LINGKUP BISNIS

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan yang terjadi, kini bisnis pun semakin meluas dikalangan masyarakat. Bukan hanya masyarakat yang memiliki perusahaan yang dapat bersaing dalam dunia bisnis, namun setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan yang sama dalam hal tersebut tanpa terkecuali. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin menjadi pelaku bisnis akan turut bersaing dalam mekanisme pasar bebas.

Bisnis itu sendiri sebenarnya sangat beragam jenisnya, salah satunya adalah bisnis online yang kini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Awalnya, tidak banyak yang melakukan bisnis online terbebut, namun seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pesat, masyarakat mulai tertarik untuk melakukan bisnis tersebut karena teknologi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan bisnis itu. Dan juga modal yang dibutuhkan untuk melakukan bisnis online sebenarnya tidak terlalu banyak. Selain itu, media untuk melakukan bisnis online tersebut juga mudah didapat, pelaku bisnis online hanya perlu menyediakan sebuah perangkat komputer yang dapat terhubung ke internet untuk menyebar luaskan bisnis mereka. Semua itu dapat dilakukan tanpa harus ada tatap muka antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Keuntungan yang didapat dari bisnis online juga dapat dikatakan cukup besar apabila kita berhasil mengembangkan bisnis tersebut. Karena biasanya harga barang yang dijual di bisnis online bisa di lebihkan dari harga di pasaran. Minat masyarakat yang ingin melakukan transaksi di bisnis online pun cukup banyak karena bagi mereka yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, mereka akan lebih memilih membeli barang via online karena tidak banyak memakan waktu mereka. Namun, terkadang masih saja ada orang-orang yang tidak memanfaatkan kesempatan tersebut atau terkadang orang tersebut salah menggunakan bisnis itu.

Rumusan Masalah

Meskipun teknologi informasi dan komunikasi kini semakin berkembang, namun masih saja ada masyarakat yang belum bisa memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Padahal, bisnis online tersebut bisa dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali. Hanya terkadang ada masyarakat yang tidak mengikuti perkembangan teknologi tersebut hingga tidak memanfaatkannya untuk membuka bisnis online. Namun, tidak sedikit orang yang kini juga telah melakukan bisnis secara online tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai bisnis online tersebut di kalangan masyarakat luas, saya akan memaparkan rumusan-rumusan masalah yang akan dibahas disini. Berdasarkan latar belakang yang telah saya kemukakan sebelumnya, maka masalah yang dapat saya rumuskan dan akan saya bahas adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana peluang bisnis online di masyarakat?
  2. Bagaimana cara memasuki dunia bisnis melalui bisnis online?
  3. Apa dampak dari adanya bisnis online tersebut?
  4. Bagaimana perkembangan bisnis online di tahun 2011 dengan tahun 2013 kini?
  5. Apa rahasia sukses dalam berbisnis online?

Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat, maka tulisan ini saya buat dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Agar masyarakat mengetahui mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis online.
  2. Masyarakat mengetahui perkembangan terkini mengenai bisnis online.
  3. Masyarakat dapat lebih peka terhadap peluang yang ada disekitarnya dalam melakukan bisnis online.
  4. Cara untuk memulai bisnis online.
  5. Mengetahui dampak dari adanya bisnis online tersebut.
  6. Tulisan ini juga dibuat dengan maksud agar masyarakat tertarik untuk memasuki dunia bisnis lewat bisnis online tersebut.

LANDASAN TEORI

Kata “Bisnis” memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Karena seiring perkembangan zaman yang terjadi, bisnis pun semakin meluas dan menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang menyukai berwirausaha. Sebenarnya, pengertian bisnis itu sendiri cukup luas dan mungkin saja akan sedikit berbeda jika dilihat dari berbagai sudut pandang orang-orang. Namun, kesimpulan yang dapat saya ambil dari berbagai pengertian bisnis tersebut, Bisnis dapat diartikan sebagai sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang untuk menghasilkan barang ataupun jasa demi mendapatkan keuntungan dan demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jadi, sebenarnya bisnis itu tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan atau badan-badan usaha lainnya. Namun, bisnis juga dapat dilakukan oleh individual yang memang bertekad dan memiliki kemampuan dalam berwirausaha. Dan keuntungan yang dilakukan dengan melakukan bisnis pun dapat dikatakan cukup besar terutama bagi yang menjalankan bisnis itu secara individual.

Dalam melakukan bisnis banyak hal yang harus kita lakukan, tidak hanya berdiam diri menunggu keuntungan itu datang dengan sendirinya. Tentu kita harus melakukan banyak hal demi memajukan usaha bisnis yang kita dirikan agar menjadi usaha besar nantinya. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam memajukan bisnis kita seperti membuat inovasi baru, mencari dana untuk melakukan bisnis tersebut, memasarkan barang-barang dari hasil produksi, serta mencari tenaga kerja yang berpotensi.

Yang menjadi tujuan masyarakat dalam melakukan bisnis ini pun beragam, ada yang hanya demi mencari keuntungan, namun ada juga yang karena orang tersebut memang menyukai dunia bisnis. Jadi, tidak semua orang memiliki tujuan yang sama dalam melakukan bisnis.

Kesempatan untuk setiap orang melakukan bisnis itu sendiri sebenarnya sama, hanya saja itu semua tergantung kepada pribadi masing-masing apakah bisa memanfaatkan peluang yang ada atau malah membiarkannya pergi begitu saja. Jika memang seorang individu berkeinginan untuk bersaing dalam dunia bisnis, orang tersebut haruslah tahu bagaimana cara untuk melihat kesempatan atau peluang yang ada disekitarnya untuk melakukan suatu bisnis, seperti menganalisis usaha bisnis apa yang sebenarnya sedang diminati banyak masyarakat luas, membuat inovasi baru terhadap produk yang nantinya akan dipasarkan, menentukan target untuk memasarkan produk tersebut, dan sebagainya.

Bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat pun tidak hanya satu jenis, melainkan banyak jenis sehingga masyarakat pun dapat memilih untuk memulai usaha bisnis yang mungkin masih sedikit individu atau perusahaan yang menjalankannya. Contoh bisnis itu sendiri ialah bisnis manufaktur, bisnis jasa, bisnis finansial, bisnis transportasi, dan bisnis lainnya bahkan bisnis online salah satu contoh lainnya.

PEMBAHASAN

PELUANG BISNIS ONLINE DI KALANGAN MASYARAKAT

Pelaku ekonomi yang dapat bersaing dalam dunia bisnis tidak hanya perusahaan, namun individu pun turut bisa bersaing dalam dunia bisnis tersebut. Karena di zaman sekarang ini, sebenarnya banyak peluang yang dapat diraih oleh siapapun untuk memulai usaha bisnis jika orang tersebut dapat memanfaatkan peluang atau kesempatan yang sebenarnya ada disekitar mereka. Ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, bisnis pun semakin mudah untuk dilakukan, salah satunya adalah bisnis online yang benar-benar memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

Bila anda perhatikan, bisnis online ini lebih fleksibel dan praktis untuk dijalankan karena tidak perlu ada tatap muka secara langsung antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Namun, sebenarnya bisnis ini tidak jauh berbeda dengan bisnis-bisnis lainnya, yaitu kemajuan bisnis ini ditentukan oleh cara pelaku bisnis tersebut menjalankan usahanya. Hanya saja, bisnis online ini memerlukan seperangkat alat komputer yang dapat terhubung ke internet untuk menyebar luaskan bisnis tersebut.

Bisnis online ini juga dapat dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali karena bisnis ini hanya memerlukan modal yang dikatakan lebih sedikit dibandingkan bisnis-bisnis perusahaan lainnya. Meskipun begitu, tetap saja ada orang yang memandang sebelah mata hingga tidak berani untuk mencoba melakukan bisnis online tersebut karena beberapa hal, diantaranya:

  1. Bisnis online tidak langsung memberikan hasil yang cukup memuaskan.

    Memang pada saat awal melakukan bisnis online, pelaku bisnis tidak akan langsung merasakan hasil yang dikatakan memuaskan karena belum banyaknya orang yang mengetahui mengenai bisnis tersebut. Akan tetapi, apabila pelaku bisnis tersebut terus berusaha mengembangkan bisnisnya hingga suatu saat memiliki banyak konsumen tetap dari bisnis onlinenya, hasil yang dicapai pasti akan terasa sangat memuaskan.

  2. Orang tersebut tidak bisa melihat peluang yang ada disekitar mereka.

    Padahal, peluang itu selalu ada tanpa mereka sadari. Kenyataannya, peluang selalu ada disekitar kita namun semua tergantung manusianya apakah bisa melihat dan memanfaatkan peluang tersebut untuk melakukan bisnis atau terus menganggap bahwa peluang tersebut tidak ada untuk mereka.

  3. Banyak orang yang merasa bahwa diri mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan bisnis tersebut.

    Padahal sebenarnya, modal yang diperlukan untuk melakukan bisnis online ini juga tidak banyak, cukup menyediakan perangkat komputer yang terhubung dengan internet bahkan kini beberapa jenis mobile pun bisa dijadikan media bisnis online tanpa memerlukan perangkat komputer yang setiap saat terhubung dengan internet. Kemudian selanjutnya jika ada konsumen yang ingin melakukan transaksi pembelian online, konsumen tersebut haruslah mentransfer uang sejumlah harga barang yang dibeli terlebih dahulu, barulah barang itu dapat diproses hingga akhirnya dikirim ke konsumen tersebut. Apakah hal tersebut memerlukan modal?

  4. Ada dari mereka yang sebenarnya ingin melakukan bisnis online itu hanya saja tidak tahu harus memulainya dari mana.

    Sebenarnya, jika mereka ingin mengetahui cara memulai bisnis tersebut mereka dapat belajar dari orang-orang yang telah sukses dari menjalankan suatu bisnis online.

Jadi, peluang untuk melakukan bisnis online sebenarnya selalu terbuka untuk siapa saja. Hanya semua itu tergantung kepada individu atau calon pelaku bisnis itu lagi, apakah serius dan telah siap untuk bersaing dalam dunia bisnis atau sebaliknya.

CARA MEMASUKI DUNIA BISNIS MELALUI BISNIS ONLINE

Salah satu alasan seseorang tidak berani untuk turut bersaing dalam dunia bisnis salah satunya karena orang tersebut tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis itu. Sebenarnya bisnis online bukanlah hal yang baru, sudah ada orang-orang yang telah melakukan bisnis online sebelumnya dan orang tersebut pun bisa dijadikan contoh atau acuan untuk memulai menjalankan bisnis online. Hanya saja, individu tersebut tidak mengamati perkembangan bisnis online yang telah terjadi hingga kini. Individu tersebut juga belum mempelajarai bisnis online lebih mendalam.

Sebenarnya cara untuk memulai bisnis online itu sendiri banyak, antara lain:

  1. Membuat sebuah blog atau website

    Untuk membuat sebuah blog tidaklah memerlukan biaya, beberapa situs seperti blogger, wordpress, dan sebagainya memberikan itu semua free untuk siapapun yang ingin membuat akun blog. Memang ada beberapa fasilitas yang diharuskan membayar jika ingin membuat blog terlihat lebih bagus, namun selama anda bisa memanfaatkan dengan baik fasilitas yang diberikan secara free, anda tidak perlu menggunakan fasilitas berbayar tersebut. Lewat blog itulah anda sebagai pelaku bisnis mempromosikan barang yang menjadi produk anda untuk dipasarkan. Anda juga harus bisa mencari peluang untuk menjalin kerja sama dengan businessman lainnya. Semakin luas jaringan komunikasi dan promosi anda, semakin cepat pula untuk mendapatkan konsumen dari bisnis online tersebut.

  2. Membuat akun sosial media

    Sosial media kini semakin bermacam-macam. Tidak hanya facebook, twitter, namun kini juga ada tumblr, dan semacamnya. Membuat akun di sosial media tersebut juga tidak memerlukan biaya karena telah diberikan secara gratis untuk mendaftar di sosial media tersebut. Dan pengguna sosial media kini ada dari semua kalangan. Dengan kata lain, dari mulai anak-anak bahkan hingga dewasa kini telah menggunakan berbagai sosial media. Untuk itulah, pelaku bisnis online perlu untuk membuat akun sosial media untuk mempromosikan produk yang dijual.

  3. Menyebarluaskan via mobile smartphone

    Maksud menyebarluaskan via mobile smartphone disini ialah melalui berbagai smartphone salah satunya ialah blackberry. Lewat aplikasi yang disediakan blackberry seperti hanya blackberry Messenger, para pelaku bisnis online bisa mempromosikan produknya tersebut kepada teman-teman yang ada di kontaknya agar bisnis online tersebut semakin diketahui banyak orang.

  4. Dan sebagainya

DAMPAK DARI ADANYA BISNIS ONLINE

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bisnis online dapat dilakukan oleh siapapun dan bahkan dalam bisnis online tidak perlu adanya tatap muka secara langsung antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Hal itu tentu memberikan dampak baik secara positif maupun negatif. Dampak positif dari adanya bisnis online tersebut adalah:

  1. Modal yang dibutuhkan tidak besar

    Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bisnis online hanyalah memerlukan seperangkat komputer yang terhubung dengan internet sebagai modal awal untuk menjalankan bisnis tersebut.

  2. Biaya operasionalnya lebih murah

    Dikarenakan bisnis tersebut tidak diperlukan adanya pabrik, maka biaya-biaya yang dikeluarkan pun juga lebih ringan apabila dibandingkan bisnis-bisnis yang dilakukan perusahaan-perusahaan lainnya.

  3. Waktu kerjanya tidak terbatas

    Karena bisnis ini dilakukan secara online, maka bisnis tersebut pun dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama pelaku bisnis terhubung dengan jaringan internet.

  4. Memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen

    Pelayanan yang diberikan dapat dilakukan dengan mudah karena hanya menggunakan teknologi. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang semakin pesar, pelayanan pun semakin mudah diberikan untuk para konsumen.

Namun dibalik dampak positif dari bisnis online tersebut, tentu ada dampak negatifnya. Dampak negatifnya adalah:

  1. Kesempatan terjadinya penipuan sangat besar

    Bisnis online dilakukan tanpa adanya tatap muka antara pelaku bisnis dengan konsumen, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak bertanggung jawab. Karena pihak tersebut bisa saja memanipulasi berbagai data mengenai uang atau hal lainnya yang tidak kita ketahui.

  2. Sulit membangaun kepercayaan customer

    Dikarenakan tidak adanya tatap muka juga, terkadang customer atau konsumen yang selektif kurang mempercayai bisnis online karena ketakutan akan terjadi penipuan. Karena itulah untuk membangun rasa percaya konsumen terhadap bisnis anda tidaklah mudah.

  3. Keuntungan yang memuaskan tidak bisa didapat secara langsung

    Apabila bisnis online baru dimulai, tentu konsumen yang datang pun tidak akan banyak sehingga hasilnya pun belum bisa mencapai maksimal. Diperlukan adanya kerja keras untuk terus menyebarluaskan bisnis online tersebut agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan mau menjadi konsumen dari bisnis tersebut.

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE TAHUN 2011 DAN TAHUN 2013

Bisnis online di tahun 2011 dan 2013 tentu mengalami perkembangan, entah akan berkembang menjadi lebih baik atau sebaliknya. Karena tahun 2011 menuju tahun 2013 memerlukan waktu yang dikatakan cukup lama. Pada tahun 2011, bisnis online baru semakin banyak bermunculan didalam dunia bisnis. Bahkan pihak-pihak yang bermodal besar turut memasuki dunia bisnis online. Sedangkan pada umumnya, yang melakukan bisnis online tersebut sebagian orang yang memiliki modal seadanya dan bahkan sebagian ada yang memiliki modal kecil. Apakah dengan adanya pihak yang bermodal besar menutup peluang bisnis online bagi pihak yang bermodal kecil dan bermodal seadanya sekalipun? Nyatanya tidak. Ada atau tidaknya pihak yang bermodal besar sekalipun dalam dunia bisnis online tidak akan pernah menutup peluang siapapun untuk melakukan bisnis online. Karena memang, bisnis online terbuka untuk siapapun yang ingin turut bersaing dalam dunia bisnis.

Meskipun sudah mulai ada pihak bermodal besar yang turut bersaing, namun semua kembali lagi pada pelaku bisnis tersebut. Karena semua ini tidak berhubungan dengan modal yang dimiliki sang pelaku bisnis. Semua tergantung pada kepahaman anda terhadap bisnis online dan seberapa besar usaha anda untuk terus mengembangkan bisnis tersebut. Apabila sang pelaku bisnis memiliki modal besar namun tidak bisa mengolah bisnis online tersebut dengan benar, maka modal itu hanya akan terbuang sia-sia. Namun sebaliknya, apabila ada pihak yang bermodal kecil, namun ia dapat memahami cara untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online, maka tidak menutupi kemungkinan orang itu akan tetap bertahan dalam dunia bisnis online dan mendapatkan berbagi keuntungan.

Dan ternyata kini ditahun 2013 pun bisnis online tidak mengalami penurunan melainkan terus meningkat setiap tahunnya dikarenakan pengguna internet kini pun semakin banyak. Pengaksesan jaringan internet pun kini semakin mudah didapat sehingga kedua hal tersebut pun membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis online dimasa kini.

RAHASIA SUKSES DALAM BERBISNIS ONLINE

Untuk meraih kesuksesan dalam hal apapun tentu bukan hal yang mudah, untuk itu diperlukannya belajar agar kelak kesuksesan itu bisa diraih. Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online pun ada hal-hal yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Memiliki tekad yang kuat tanpa ada rasa takut gagal

    Apabila pelaku bisnis memiliki keraguan dalam hatinya, keraguan karena takut mengalami kegagalan, tentu ia akan menjalankan bisnisnya dengan penuh kebimbangan sehingga menghalangi dia untuk mengambil keputusan yang padahal sebenarnya untuk memajukan bisnisnya. Namun, karena rasa takutnya, ia bisa menghancurkan bisnisnya sendiri. Untuk itu, diperlukan adanya tekad yang kuat untuk melakukan bisnis online tersebut tanpa rasa takut gagal. Hanya satu tujuan utama, yaitu untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis.

  2. Tidak mendengarkan kata-kata negatif dari orang lain

    Untuk meraih kesuksesan tentu bukan hal yang mudah, dan pasti banyak hal yang menghalangi menuju jalan kesuksesan. Salah satunya ialah perkataan orang lain yang mempresepsikan bahwa anda tidak bisa sukses dlam bisnis online tersebut. Perkataan seperti itulah yang harus dibuang jauh-jauh dari pikiran anda. Karena apabila anda terus memikirkan perkataan orang tersebut, tekad anda untuk menjalankan bisnis online itu akan rapuh hingga akhirnya anda benar-benar mendapatkan kegagalan anda.

  3. Memahami ilmu dan konsep dalam berbisnis

    Seorang pelaku bisnis dapat gagal atau usahanya tidak berkembang apabila dia tidak mengerti apa yang dimaksud dengan ilmu bisnis dan konsep-konsep dalam berbisnis. Tanpa mengetahui itu semua, seorang pelaku bisnis tidak akan memiliki acuan yang dijadikan pedomannya untuk menjalankan bisnisnya agar menjadi semakin berkembang. Untuk itu, perlu bagi seorang pelaku bisnis untuk memahami mengenai ilmu dan konsep bisnis.

  4. Pandai membaca peluang

    Seperti yang telah saya katakana sebelumnya, peluang selalu ada dimanapun bahkan disekitar kita sekalipun. Hanya saja, terkadang kita tidak melihat peluang tersebut dan malah sibuk mencari peluang-peluang lainnya yang sebenarnya nihil. Untuk itu, cobalah belajar untuk melihat keadaan disekitar anda, coba belajar membaca peluang yang ada sekecil apapun karena bisa saja itu adalah awal dari kesuksesan bisnis online anda.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Dengan adanya bisnis online tersebut, bukan hanya para pelaku bisnis yang sudah memiliki bisnis yang berkembang pesat saja yang dapat melakukan bisnis online, melainkan siapapun bisa memulai untuk mencoba bersaing dalam dunia bisnis tanpa terkecuali. Namun, dalam bisnis online ini jika kita tidak sungguh-sungguh untuk mengembangkan bisnis tersebut maka bisnis tersebut dengan mudahnya akan gagal karena pesaing dalam bisnis online tentu banyak seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi yang semakin pesat yang mana hampir semua orang tentu bisa menggunakan teknologi tersebut dimasa kini.

SARAN

Bagi siapapun yang ingin mencoba untuk melakukan bisnis online, sebaiknya terlebih dahulu memahami bagaimana cara menjalankan bisnis online yang baik agar menghasilkan kemajuan dimasa yang akan datang. Dan juga sebaiknya memperhatikan perkembangan-perkembangan dari bisnis online yang terjadi agar mengetahui kondisi dalam dunia bisnis online saat itu apakah memungkinkan untuk turut bersaing ataukah tidak.

DAFTAR PUSTAKA

David Dwimarta, Bisnis Online, Yogyakarta: Kata Buku, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s